Senin, 17 November 2008

rangkuman bab 1-8

dikirim melalui email oleh rayvina

BAB 1

Internet
Internet merupakan singkatan dari Interconnected Network yang berarti jaringan yang saling terhubung. Internet adalah kumpulan computer yang terhubung satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan. Dua peranan internet yang sangat penting yakni pertama sebagai sumber data dan informasi, kedua sarana pertukaran data dan informasi. Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, yang paling banyak dikenal dan digunakan, antara lain World Wide Web (www), E-mail, Mailing List (milis), Newsgroup, Internet Relay Chat, File Transfer Protocol (FTP), Telnet, Gopher, dan Ping. Awalnya internet disebut dengan ARPANET, namun pada tahun 1990 ARPANET resmi ditutup.

BAB 2

Jaringan Komputer dan Komunkasi Data

Kumpulan computer yang terhubung satu dengan yang lainnya disebut dengan jaringan computer. Dalam sebuah jaringan computer terdapat sebuah computer server dan computer client. Komputer server berfungsi untuk melayani pengiriman dan penerimaan data dari computer-komputer yang ada di dalam jaringan. Selain itu juga berfungsi sebagai penyedia sumber yang dibutuhkan oleh computer-komputer client. Sedangkan computer client adalah computer yang menerima pelayanan. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari adanya jaringan computer, antara lain :
Membagi sumber daya
Reliabilitas tinggi
Menghemat uang
Sarana komunikasi
Dilihat secara fisik, jaringan computer dapat dibedakan menjadi dua yaitu jaringan kabel dan jaringan tanpa kabel atau nirkabel (wireless network). Jaringan kabel adalah jaringan computer yang secara fisik dihubungkan dengan kabel-kabel jaringan. Sedangkan jaringan tanpa kabel adalah jaringan computer yang dihubungkan dengan menggunakan gelombang radio. Dilihat dari area yang dicakupnya, secara umum jaringan computer dapat digolongkan atas empat jenis yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), Wide Area Network (WAN), Internet. Perangkat-perangkat sebuah jaringan computer antara lain server, client, kartu jaringan, hub, kabel dan konektor, repeater, bridge, router. Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data dari dua computer yang terhubung dalam sebuah jaringan, baik jaringan local (LAN) maupun jaringan yang lebih luas, seperti internet. Salah satu protocol komunikasi data yang banyak digunakan untuk menangani komunikasi data dalam area yang luas adalah TCP/IP (Transfer Control Protocol/Internet Protocol). TCP/IP terdiri dari empat lapis kumpulan protocol, atau biasa disebut istilah layer. Keempat lapisan itu antara lain Application Layer, Transport Layer, Internet Layer, Network Interface Layer. Ada dua bentuk aktivitas terhadap jaringan computer yaitu hacking dan cracking. Hacking adalah usaha memasuki sebuah jaringan dengan maksud mengeksplorasi ataupun mencari kelemahan system jaringan secara ilegl. Sedangkan cracking adalah usaha memasuki sebuah jaringan secara illegal dengan maksud mencuri, mengubah, atau mengahncurkan file atau data yang disimpan di komputer-komputer yang ada di jaringan tersebut. Pelaku hacking disebut dengan hacker, sedangkan pelaku cracking disebut dengan cracker. Beberapa metode atau cara kerja yang digunakan hacker dan cracker untuk menyusup ke sebuah jaringan computer yaitu Spoofing, Scanner, Sniffer, Password Cracker, Destructive Devices. Beberapa teknik pengamanan data yaitu Internet FIrewall, Kriptografi, Secure Socket Layer.

BAB 3

Akses Internet
Perusahaan jasa layanan koneksi ke internet disebut dengan Internet Service Provider (ISP). ISP tersebut dikenakan biaya atas jasa layanan yang diberikan. Jumlah ISP akan terus bertambah seiring dengan perkembangan jumlah pengguna internet di tanah air. Ada beberapa criteria yang dapat digunakan untuk memiilih sebuah ISP, antara lain kecepatan transfer data, bandwidth, memiliki server proxy, memiliki backbone, keamanan data, layanan yang diberikan, biaya, hardware, teknologi yang digunakan. Jika kita menghubungkan computer ke internet ada dua perangkat tambahan yang kita butuhkan yaitu saluran telepon dan modem. Ada dua jenis modem terdapat di pasaran yaitu modem internal dan modem eksternal. Modem internal adalah modem yang dipasang langsung di mainboard computer, sedsngkan modem eksternal adalah modem yang terpisah dengan computer. Modem jenis ini dihubungkan ke computer dengan melalui kabel. Keuntungan menggunakan modem internal adalah harganya yang lebih murah. Kelemahannya adalah karena pemasangannya yang lebih sulit dan penggunaannya tidak dapat dipindh dari satu computer ke computer lain. Keuntungan penggunaan modem eksternal adalah pemasangannya yang lebih mudah dan penggunaanya dapat dipindah dari satu computer ke computer lain dengan cara yang musah. Kelmahannya adalah harganya yang lebih mahal. Kita dapat menggunakan teknologi ASDL, jaringan LAN, jaringan GPRS, jaringan WiFi, jaringan tc kabel dan 3G.
BAB 4

Koneksi ke Internet

Mengakses internet menggunakan jaringan computer local adalah menguhubungkan computer ke internet melalui sebuah server jaringan local yang terhubung ke internet. Untuk dapat terhubung dalam jaringan computer kita harus memiliki kartu jaringan. Keuntungan melakukan akses internet melalui LAN adalah biaya untuk akses internet lebih murah.Kelemahannya jika sedang melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lambat, terlebih jiak bandwidth yang ada terbatas. Menghubungkan computer ke internet dengan menggunakan saluran telepon rumah (dial-up) merupakan cara termudah untuk mengakses internet. Saat ini Telkom menyediakan layanan akses internet yang disebut TelkomNet Instant dengan menggunakan nomor akses 080989999 dan user ID “telkomnet@instant” dan password “telkom”. Teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Hal ini memungkin kita mengakses internet dengan kecapatan tinggi melalui saluran telepon. Akses internet menggunakan jaringan TV kabel merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga, dimana beberapa orang dapat mengakses ineternet secara bersama-sama. GPRS (General Packet Radio Service) adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio. WiFi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kabel yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data. Frekuensi yang digunakan oleh teknologi WiFi berada pada 2,4 GHz. Berbeda dengan WiBro (Wireless Broadband), WiFI hanya dapat dijangkau pada saat kita bearada pada daerah yang dijangkau sinyal WiFi. Sedangkan WiBro dapat diakses dari jarak 1 kilometer dari titik poinnya dengan kecepatan akses 512 kbps. Layanan 3G dapat diperoleh melalui operator GSM maupun CDMA.

BAB 5

Menjelajahi Internet
Internet eksplorer adalah browser yang disertakan dengan system operasi windows. Browsing adalah kegiatan menjelajahi internet. Langkah-langkah untuk menjalankan Internet Eksplorer adalah :
Start – Programs – Internet Eksplorer
Bagian-bagian browser antara lain title bar, menu bar, toolbar, address bar, status bar, task pane. Istilah-istilah dasar internet antara lain Intranet, Browser atau Web Browser, HTML, Server, Client, Bandwidth, Search Engine, URL, Website, Homepage, Web Page, Hypertext Link, ISP< Program dial-up, Off-line, Online, Login, Logout, Protokol, HTTP, POP, Download, Upload, Freeware, Shareware, GIF, JPEG, SPAM.

BAB 6

E-mail

Surat elektronik atau lebih dikenal dengan istilah electronic mail dan sering disingkat dengan e-mail adalah surat yang berbentuk elektronik. POP mail adalah e-mail yang diterima melalui ISP yang menjadi langganan kita. Kelebihan POP mail adalah dapat dibaca pada saat offline. Sedangkan kekurangannya adalah kita tidak dapat membuka e-mail di sembaranag tempat. E-mail berbasis web adalah web layanan e-mail yang ditawarkan oleh website-website penyedia jasa layanan e-mail, seperti Yahoo, Hotmail, BolehMail, LoveMail, plasa.com, dan lain-lain. Kelebihannya biasanya diberikan secara gratisoleh website yang bersangkutan. Kelemahannya adalah kita bisa membaca e-mail haya pada saat kita online. E-mail forwarding adalah layanan e-mail yang meneruskan e-mail yang diterima ke alamat e-mail yang lain. Kelebihannya adalah kita bisa menyembunyikan alamat e-mail yang sesungguhnya.. Kekurangannya adlah karena hanya bersifat perantara dan harus meneruskan e-mail yang diterima ke alamat lain, e-mail tersebut membutuhkan waktu yang lebih lama untuk sampai ke alamat e-mail yang sesungguhnya. Membuat e-mail account merupakan langkah awal yang harus dilakukan agar dapat menggunakan e-mail. Etika mengirimkan e-mail :
Salam pembuka
Perkenalkan diri
Langsung ke pokok permasalahn
Jawablah semua pertanyaan
Lakukan pengeditan
Gunakan subjek yang sesuai
Mengatur prioritas
Hapuslah pesan reply yang tidak perlu
Jangan meneruskan e-mail berantai
Hormati privasi orang lain
Jangan melakukan spam
Gunakan huruf besar seperlunya
Hati-hati bila menggunakan singkatan dan ikon emosi
Jangan terbawa emosi
Bersabarlah menunggu balasan e-mail
Ketertarikan yang berbeda
Jangan lampirkan file yang tidak perlu
Buatlah layout yang baik
BAB 7

Mencari dan Mengelola Informasi

Internet merupakan gudang dan sarana informasi. Untuk memudahkan mencari informasi biasanya kita menggunakan program yang dikenal dengan nama mesin pencari atau sering disebut search engine. Mesin pencari adalah sebuah program yang digunakan sebagai alat bantu untuk mencari informasi di internet. Mesin pencari mempunyai sebuah database yang didalamnya berhubungan dengan internet dan halaman-halaman web. Mesin pencari menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Untuk memudahkan dan mempercepat pencarian informasi, mesin pencari mempunyai metode yang disebut algoritma pencarian. Struktur dasar sebuah mesin pencari adalah sebagai berikut :
Kotak teks pencarian digunakan sebgai tempat memasukan
kata kunci yang akan dijadikan sebagai acuan pencarian.
Tombol pencarian untuk manjalankan perintah pencarian

Mesin pencari akan selalu memperbarui database yang dimilikinya. Program tersebut dinamakan spider, bot, atau crawler. Berikut adalah beberapa mesin pencari yang dikenal dan banyak digunakan.
Google (www.google.com)
Yahoo (www.yahoo.com)
Altavista (www.altavista.com)
Lycos (http://lycos.com/)

Kita bisa mendapatkan informasi dari google beberapa diantaranya mencari dengan kata tertentu, pencarian menggunakan frasa, menggunakan fungsi pengecualian, mencari file berbahasa Indonesia, dan mencari file dengan format tertentu.
Google juga dilengkapi dengan fitur untuk mencari gambar. Langkah-langkahnya :
Tampilkanlah halaman web Pencarian Canggih Google
Klik teks link Gambar di kategori. Halaman web untuk pencarian gambar akan ditampilkan.
Masukkan kata kunci pencarian di kotak teks.
Klik tombol Mesin Cari Google untuk memulai pencarian.
Pada halaman web hasil pencarian, klik gambar yang ingin ditampilkan lebih besar.

Membuka halaman web hasil pencarian, caranya:
Di halaman web hasil pencarian, carilah website yang ingin ditampilkan.
Klik kanan di teks link dari website yang ingin ditampilkan.
Pada menu yang muncul, klik Open untuk membuka halaman web di jendela browser yang aktif atau klik Open in New Window untuk membuka halaman web di jendela browser yang baru.

Menyimpan halaman web, caranya:
Dari menu File, klik Save. Kotak dialog Save Web Page akan ditampilkan.
Tentukan folder penyimpanan di kotak pilihan Save in.
Di kotak isian File name, browser akan memberikan nama file dari halaman web yang akan disimpan secara otomatis. Kita dapat mengganti nama file tersebut sesuai dengan keinginan kita. Untuk memudahkan kita dalam mengingat isi dari halaman web yang kita simpan, sebaiknya kita memberi nama file yang berhubungan dengan informasi yang ada di dalamnya.
Klik tombol Save.

Menyimpan gambar dari sebuah halaman web, caranya:
Gerakkan pointer mouse ke gambar yang akan disimpan. Toolbar gambar akan ditampilkan di atas gambar yang bersangkutan.
Klik tombol Save this image. Kotak dialog Save Picture akan ditampilkan.
Pilihlah folder penyimpanan di kotak drop-down Save in.
File gambar tersebut akan diberi nama sesuai dengan nama file aslinya. Kita dapat mengganti nama file tersebut.
Klik tombol Save.

Mencetak halaman web, caranya:
Dari menu file, klik Print. Kotak dialog Print akan ditampilkan.
Klik Print. Kotak dialog Print akan ditampilkan.
Pilihlah printer yang digunakan.
Aturlah pencetakan halaman web yang akan dilakukan.
Klik tombol Print. Halaman web akan dicetak.

Mencetak gambar dari halaman web, caranya:
Gerakkan pointer mouse ke gambar yang akan disimpan. Toolbar gambar akan ditampilkan di atas gambar yang bersangkutan.
Klik tombol Print this image. Kotak dialog Print akan ditampilkan.
Pilihlah printer yang akan digunakan.
Klik tombol Print.
Mendownload file, caranya:
Kliklah teks tempat file tersebut di link. Kotak dialog File Download akan ditampilkan.
Kita dapat membuka langsung file yang akan didownloadtersebut dengan mengklik tombol Open. Jika kita ingin mendownload file tersebut, klik tombol Save. Kotak dialog Save As akan ditampilkan.
Tentukan folder penyimpanan file yang akan didownload tersebut. Secara otomatis, nama file yang akan diberikan akan sama dengan nama file asli dari file yang didownload tersebut. Namun, jika kita ingin menggantinya, kita dapat memberi nama file yang baru di kotak pilihan File name.
Klik tombol Save untuk memulai proses download file. Kotak dialog proses download akan ditampilkan.
Tunggulah sampai proses download file selesai.
Klik tombol Open untuk membuka file yang sudah didownload. Klik tombol Open Folder untuk membuka folder di mana file tersebut ditempatkan atau klik Close untuk menutup kotak dialog.

Copy dan Paste, caranya:
Aktifkan halaman web yang akan dikopi.
Blok semua teks yang ingin kita kopi.
Dari menu Edit, klik Copy. Atau, klik tombol Ctrl + C di keyboard.
Jalankan Word dan buatlah dokumen baru.
Di jendela Word, dari menu Edit klik Paste. Atau klik tombol Paste di toolbar Standard atau tekan tombol Ctrl + V di keyboard.
Simpanlah dokumen Word tersebut.

BAB 8

Chatting

Internet merupakan sarana komunikasi yang murah. Salah satu sarana komunikasi adalah IRC atau Internet Relay Chat. IRC adalah aplikasi internet yang memungkinkan kita berkomunikasi secar real time. Real time artinya seketika atau saat itu juga sehingga pesan yang kita sampaikan akan diterima dan dibalas pada saat itu juga. Irc disebut dengan chatting. Sedangkan orang yang melakukannya disebut chatter. Program chatting dapat digantikan dengan website yang menyediakan fasilitas chatting. Beberapa program chatting yang ada saat ini adalah Mirc, Pirch, Virc, Yahoo Messenger, Ebuddy, dan sebagainya. Chatting adalah berbicara dengan tulisan. Beberapa singkatan dalam chatting, antara lain :
-wb = Welcome back
-asap = as soon as possible
-imo = in my opinion
-jk = just kidding
-brb = be right back
-cul = see you later
-cu = see you
-oic = oh I see
-thx = thanks
-btw = by the way
-otp = on the phone
-otg = on the game
-otm = on the movie
-ol = online
-dc = disconnected
-gtg = got to go
-asl = age/sex/location
-pls = please
-gpp = ngga apa-apa
-co = cowok
-ce = cewek
-np,nop = no problem
-b4 = before

Etika chatting :
Gunakanlah bahasa yang sopan. Kata-kata kasar dan kurang sopan dapat menyebabkan kita dikeluaran daei channel oleh operator channel.
Jangan menggunakan huruf besar. Penggunaan huruf besar akan diartikan oleh orang lain bahwa kita sedang berteriak-teriak.
Jangan melakukan spam atau mengirimkan informasi/iklan yang tidak penting secara terus menerus kepada orang lain. Orang lain akan merasa terganggu
Jangan menggunakan warna yang mencolok.
Jika orang lain mengajak kita berbicara tentang topic yang kita tidak suka, tolaklah dengan cara yang halus.
Hindari pertengkarahn atau perdebatan yang sengit. Kita chatting untuk mencari teman dan menyenangkan diri bukan mencari lawan dan membuat stress.
Jika kita mendapatkan kata-kata kasar atau tidak senonoh, sebaiknya kita tidak usah melayaninya lagi dengan kata-kata yang sama.

Beberapa manfaat chatting yang dapat kita peroleh :
Sarana murah dan mudah
Konsultasi dengan dokter
Berhubungan dengan para pakar
Mengetahui isi buku
Mendapatkan teman baru
Sarana belajar dan diskusi

Beberapa dampak negative chatting :
Mengobrol yang tidak senonoh
Terkena virus
Rematik dan oto –pegal
Maniak chatting
Berhubungan dekat dengan orang yang tidak jelas

mIRC mempunyai tiga jendela berbeda yang penting kita ketahui, antara lain :
1.Jendela status
Berfungsi untuk menampilkan berbagai informasi tentang server yang kita gunakan.
2.Jendela channel
Berfungsi untuk menampilkan percakapan yang terdapat di channel tersebut dan menampilkan daftar nama-nama chatter yang tergabung dalam sebuah channel.
3. Jendela Chatting
Merupakan tempat kita mengobrol dengan chatter lain

Tidak ada komentar: